Dinar Yudiarto, Misbachul (saya), Ryan Nurhantanto, Sulung Aji

Pada waktu hari itu tanggal 26 Desember 2012 saya dan rekan rekan bisnis online saya berniat travelling kesebuah pantai di banyuwangi yang bernama Pantai Grajagan, Namun Setelah Setengah perjalanan muncul Ide Gila dari salah seorang teman, berfikiran untuk ingin "MENAKLUKAN" jalan menuju pantai yang jarang orang mengetahuinya yaitu Pantai SUKAMADE (Rumahnya Penyu), tanpa adanya pertimbangan yang dipikirkan, akhirnya nekatnlah kita berangkat menuju pantai tersebut.

Banyak rintangan yang dihadapi, perjalan yang harus ditempuh +/- 125KM jika ditempuh rumah saya (Tulungrejo-Glenmore). Disamping jarak tempuh yang jauh, jalannya pun juga sangat sulit untuk dilalui, banyak bebatuan besar, naik turun kayak mendaki bukit. Setelah dua jam perjalanan telah sampailah di perkebunan Sungau Lembu.

sampai di PTPN XII Sungai Lembu

Dari sungai lembu perjalanan masih ditempuh sejauh 40KM lagi untuk sampai ke antai sukamade, sekitar kurang lebih 10KM sampailah di pintu gerbang menuju pantai Sukamade yang terletak di Pesisir pantai Rajegwesi.

Pintu Gerbang Menuju Sukamade

Sebelum tahu jarak yang pasti menuju Sukamade, Saya saya sangat sekali sudah memasuki pintu gerbang "MERU BETIRI NATIONAL PARK", oh ternya setelah dikasih tau penjaga pos jarak menuju sukamade masih 30KM lagi, ow ow ow, semakin patah semangat dari sini, tapi kita sempat mengabadikan moment penting itu disini,

de depan pintu gerbang wisata meru betiri
peta wisata Rajegwesi dan Sukamade
Nampang di bawah Pntu gerbang Sukamade

istirahat sejenak
Setelah istirahat sejenak dan berfoto foto ria di sekitar pintu gerbang wisata Sukamade, kita terus melanjutkan perjalanan yang jarak tempuhnya masih 30KM tanpa ada rumah / warung makan disepanjang jalan. Dari sinilah rintangan yang sebenarnya dalam sepanjang perjalanan menuju Sukamade,

Setelah melalui jalan yang "SUPER EKSTRIM" kita beristirahat sejenak di sebuah pos di tengah perjalanan, dan sempat mengabadikan foto di sana.
Sulungsedang melirik Monyet Cewek
Ryan yang sedang "teler"
Peta Area Sukamade. Semangat!
Setelah poto poto disana dan rasa lelah sudah hilang kita melanjutkan perjalan yang masih belum tahu berapa lama lagi sampainya. Setelah kira kira 1KM menikmati perjalan yang serba extreem kita mendapati 2 orang anak yang sedang bermain di tengah hutan, dan kita pun tak lupa untuk mengabadikanya.
Seorang Anak yang sedang menikmati Snack di gubuk
Dan kita tanya kepada anak itu soal jarak tempuh ke Sukamade masih berapa kilometer, ternyata anak itu juga tidak tahu soal jarak tempuh kesana, cuma yang diakatakan hanya "masih jauh sekali mas". Wowow,, dengan "semangat 45" kita lanjutkan perjalanan meskipun ada sedikit rasa penyesalan telah memilih Tour kali ini ke Sukamade,

Akhirnya kita sampai di Area Sukamade tapi ups kita menemui 2 arah yang berbeda kita pilih yang mana yah..??
Ryan bingung memilih arah yang mana
Akhirnya kita memilih jalan yang terdekat, dan hasilnya kita menemui jalan yang buntu Alias Jembatan yang roboh.
konstruksi jembatan yang keropos
Berdasarkan cerita warga setempat, jembatan tersebut butuh proses selama 6 bulan lamanya untuk mendirikannya, tetapi sebelum diresmikan kan digunakan jembatan tersebut runtuh dahulu, tetapi tidak memakan korban.
Jembatan yang runtuh
Waduh terus ini bagai mana.?? Dan kita makin merasa putus asa untuk mencapai Sukamade, kami terus berfikir sampai akhirnya kita bertemu seseorang yang memberi solusi bagai mana untuk sampai disana. Dan inilah satu satunya akses menuju Sukamade.
satu satunya akses menuju sukamade
Dan dibawah ini suasana perjalan dengan memakai "getek"
berpose sebelum melintasi sungai
lagi lagi berpose
jukir sedang menata sepeda

sambil istirahat

gara gara GASA perkasa lagi
hampir sampai

sampai di penyeberangan

Eksekusi sepeda

nampang dulu sebelum turun

sedang menurunkan sepeda dari getek
Dan jarak dari sini masih 3KM lagi untuk sampai di pos pantai Sukamade. Dan akhir nya sampai juga di pos pengawasan pantai Sukamade. Sambil ngisi buku tamu kita sambil beristirahat dan pastinya tak lupa poto - poto disini. Disini kita merasa lapar, tetapi tidak ada satupun yang jualan makanan disini, dan harus keluar wilayah ini  sejauh kurang lebihnya 3KM waduh.????
kelaparan

isi buku tamu

petugas jaga

eksen dulu

nampang dulu
Dengan merasa lapar sekali kita terus melanjutkan perjalanan ke pantai dengan jalan kaki yang jaraknya 700M, karena dilarang oleh petugas jaga membawa sepeda. Akhirnya pun kita jalan kaki untuk menuju kesana, ditengah perjalanan kitapun menyempatkan berfoto - foto meskipun dalam kondisi kelaparan :
kelaparan memakasa eksion
ih apaan tuh disana.??
Dengan merasa lelah,lemas, capek, dan lapar akhirnya kita sampai di pantai Sukomade, dan kita pun merasa puas telah menginjakkan kaki disana. akan tetapi kondisi kelaparan membuat kita tidak bisa merasakan keindahan pantai Sukomade. Akan tetapi kita pun tak lupa untuk mengabadikan moment tersebut. Karena hal ini sangat langka dan jarang orang bisa sampai kesana dalam kondisi seperti kami.
Sukamade sisi sebelah kiri
Sukamade sisi sebelah kiri

Sukamade arah depan

Sukamade arah depan

Sukamade arah sebelah kanan

Sukamade arah sebelah kanan

Sukamade arah sebelah kanan

Sukamade arah sebelah kanan

Sukamade arah belakang
Selain saya mengabadikan sisi sisi pantai, saya juga sempat mengabadikan moment moment penting ini dengan berbagai macam gaya, gaya kecapekan, gaya kelaparan dan "mejeng mejeng"
belajar mejeng om dinar

cari wangsit di pantai selatan

Om Ryan sedan galau

dilarang renang ya mejeng ajja

lagi melirik cewek ditengah laut

kelaparan

topo broto

Sulung Vs Ryan habis EXE

Sekian Dulu postingan Kali ini.....
Sebenarnya masih banyak pengalaman heboh lainya....
berhubung wakyu yang mendesak disambung ada postingan berikutnya.....

semoga bermanfaat..
DITUNGGU KOMEN NYA...

Related Post :
7 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Di Bawah
  1. wah wah..perjalanan yg seru dahsyat dan melelahkan tentunya..hanya krn sebuah ambisi untuk mewujudkan ke inginan bisa menginjakkan di pantai Sukamade..harus melewati proses perjalanan yg tdk mudah..diperlukan kesabaran..Begitu jg dg Berbisnis..tdk Jauh Beda..memerlukan Proses utk meraih apa yg di Namakan Sukses.. Semoga menjadi Bekal di setiap Beraktifitas..Bahwa utk Meraih apaun Tdk lah Semudah membalikkan Telapak Tangan..Namun Juga Tdk Sesulit Membuat..Pesawat Tempur..Salam Sukses..!!

    Anshory.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap PAk.....
      tetap semangat menjalani aktivitas demi "Mimpi Yang Sempurna"

      Hapus
  2. kesel wes, jian.. perjalanan yng sangat melelahkan tpi yo apik

    BalasHapus